Tips Membagi Gaji Bulanan 50;20;30




Metode membagi pendapatan bulanan ini cocok buat menolong anak kost biar dapat senantiasa menabung, mengelola utang, tetapi tidak mengesampingkan pengeluaran buat kesenangan individu. Ketentuan 50/ 20/ 30 ini merupakan yang sangat universal digunakan. Begini rumusnya:


50% buat Kebutuhan Pokok


Separuh bagian dari pendapatan bulanan kalian diperuntukkan bayaran hidup serta membeli kebutuhan bulanan yang pokok. Tercantum di dalamnya merupakan bayaran kost, bayaran buat membayar utang( sangat sedikit tagihan minimumnya), tagihan listrik serta internet( jika terdapat), bahan santapan, baju, serta transportasi.


Seluruh bayaran yang masuk dalam kebutuhan utama setiap hari masuk pada bagian ini. Yang berarti, patuhi aturannya buat melindungi pengeluaran pokok bulanan ini senantiasa sebesar 50% dari pemasukan kalian. Jika hingga lebih, kalian wajib mengkaji ulang serta memangkas pengeluaran yang dapat disampingkan dahulu.


20% buat Simpanan


Seperlima dari pemasukan bulanan kalian wajib jadi modal tabungan serta investasi. Elemen- elemen dalam jatah ini antara lain tabungan di bank, dana darurat, serta opsi investasi. Dana darurat merupakan kewajiban yang besarnya, sangat tidak, bayaran hidup sepanjang 3 bulan.


Dana darurat digunakan apabila sewaktu- waktu kalian kehabisan pekerjaan ataupun menemui hal- hal tidak terduga yang lain. Sehabis dana darurat, baru fokuskan simpanan buat masa pensiun serta tujuan keuangan yang lain( misal, traveling ataupun sekolah).


30% buat Kebutuhan Pribadi


Membuat anggaran ataupun berhemat bukan berarti kalian tidak boleh berhura- hura. Malah, metode membagi pendapatan bulanan 50/ 30/ 20 ini senantiasa sediakan jatah biar kalian dapat membiayai kebutuhan personal ataupun style hidup.


Sebanyak 30% dari pemasukan bulanan dapat kalian pakai buat belanja pakaian, sepatu, travel, jalan- jalan weekend, nge- mall, makan- makan di restoran, langganan streaming film serta musik, nonton serta hiburan yang lain, keanggotaan gym, menempuh hobi, ataupun opsi style hidup yang lain yang bukan sesuatu kewajiban buat dipadati. Maksudnya, tanpa komsumsi hal- hal tersebut, kalian masih dapat menempuh hidup layak.


Alokasi sebesar 30% dari pendapatan bulanan merupakan jumlah maksimum yang bisa kalian pakai, tidak boleh lebih. Hendak lebih baik jika dapat kurang dari 30%, sehingga dananya bisa kalian pakai buat membayar utang serta menaikkan tabungan.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
ads

Widget Bawah Header 2

Formulir Kontak